oleh

Usai Swab Massal di Pungut Mudik, Petugas Buang Limbah B3 Sembarangan

-Kerinci-2.324 views

KERINCI, Jambi – Swab massal yang dilaksanakan oleh satgas Covid-19 di Desa Pungut Mudik, Kecamatan Air Hangat Timur pada tanggal 14 dan 19 April 2021 kembali tuai kecaman dari warga.

Bagaimana tidak, tenaga kesehatan yang melaksanakan Swab Massal antigen dan PCR membuang limbah medis, berupa APD dan alat Swab di sembarang tempat, hanya berjarak 5 meter saja dari rumah masyarakat, dan terpaksa di bakar oleh warga karena merasa khawatir jika dibiarkan begitu saja, ditambah lagi pasca Swab massal gedung serbaguna yang menjadi lokasi kegiatan sama sekali tidak di sterilkan kembali.

banner 728x90

Ini jelas tidak sesuai dengan Pedoman Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Dan Puskesmas Yang menangani Covid-19. Tertera pada bab 3 tentang pengelolaan limbah B3 medis padat yang harusnya dimasukkan kedalam wadah khusus yang dilapisi kantong plastik kuning bertuliskan “biohazard”, dan harus di angkut, dicatat, dan disimpan pada TPS khusus limbah B3.

Masalah ini tentunya akan menjadi kontraproduktif terhadap penanganan Covid-19 di Desa Pungut Mudik khususnya, yang digembar – gemborkan kepada publik, namun pada kenyataan nya apa yang dilakukan satgas di lokasi jauh dari pedoman kesehatan yang semestinya.

Bukan itu saja, PUSTU (Puskesmas Pembantu) yang harusnya menjadi sentra pelayanan kesehatan ditingkat Desa justru masih terkunci dengan rapat, hal ini tentu saja menyulitkan masyarakat yang ingin mendapat pelayanan kesehatan, namun hingga berita ini di publish, perwakilan dari satgas belum berhasil di mintai keterangannya. (Dopi).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed